Selasa, 01 Oktober 2013

Belajar Efektif

Sering kali anak -anak sekolah susah sekali untuk diajak belajar. Padahal belajar itu penting, untuk menambah pemahaman kita, ada pepatah mengatakan "orang bijak belajar dikala mereka bisa, orang bodoh belajar ketika mereka butuh". Menurut teman-teman, kalian termasuk golongan yang mana? Nah dibawah ini ada tips untuk belajar efektif:

1. Ulangi pelajaran yang telah diajarkan di sekolah
Ketika teman-teman pulang dari sekolah sempatkanlah untuk membuka buku dan membaca materi yang telah diberikan guru di sekolah.Untuk masalah bermain, entah itu bermain pes atau apalah entar dulu deh. Apalgai tidur, memang sih untuk masalah tidur siang kita juga butuh, tetapi kalau hanya butuh waktu 30 menit untuk mengulang kan tidak terlalu menyita waktu banyak.

2. Belajar harus rutin
Memang susah untuk belajar rutin jika tidak terbiasa. Tetapi untuk menuju sukses kita harus bekerja keras, meninggalkan kebiasaan lama dan mengganti kebiasaan baru yang positif. Agar materi masuk ke memori, cobalah untuk belajar rutin. Kita harus tegas terhadap diri kita sendiri, jika kita mau belajar setiap sehabis isya' ya lakukan itu terus menerus. Tidak perlu belajar terlalu lama, asalkan kita rutin dan konsekuen, pasti itu akan lebih efektif.

3. Catat materi yang belum jelas
Saat belajar dan kita belum memahami suatu materi, catatlah materi tersebut dan tanyakan materi tersebut kepada teman atau guru kalian. Jangan malu bertanya karena akan sesat di jalan. Tetapi jangan tanya materi pada saat ulangan ya.

4.Buatlah kelompok belajar
Jika kita mempunyai kelompok belajar itu akan lebih menyenangkan, karena kita dapat bertukar pikiran satu dengan yang lainnya. Untuk mencari teman belajar carilah teman yang lebih mampu.

5.Buat ruang belajar menarik
Agar kita tidak jenuh ataupun merasa suntuk, buatlah ruang belajarmu senyaman dan semenarik mungkin. Jika berantakan, rapikan terlebih dahulu. itu akan membuat kesan luas di ruang belajar kita.

6. Tempelkan rumus-rumus di dinding
Jika kalian ingin menghafal suatu rumus atau yang lain, kalian bisa menuliskan rumus tersebut di dinding ruang belajar kalian. Usahakan
tulisan tersebut terbaca dan tulisannya cukup besar. Setiap mau tidur atau bangun tidur kalian akan membaca rumus tersebut dan dengan sendirinya kalian akan hafal. Jika sudah hafal ganti dengan rumus lainnya.


7. Paham bukan menghafal
Biasanya kita lebih sering menghafal daripada memahami suatu materi dan itu akan cepat hilang dari memori kita kalau tidak diulang. Untuk menghindari hal tersebut janganlah menghafal tapi pahamilah materi tersebut, dengan seperti itu kalian akan teringat dan tidak cepat hilang dari memori kita.

8. Banyak latihan mengerjakan soal
Apa gunanya jika kita tau rumusnya tetapi tidak bisa menerapkannya di suatu soal? Kalau kita sudah paham dan mengerti suatu materi, lanjutkan dengan latihan soal. Itu akan menambah pemahaman kita.

Nah itulah beberapa tips untuk belajar efektif, sebenarnya belajar efektif itu datang ketika kita melakukan dengan ikhlas dan terdapat niat dalam hati kita masing-masing. Hey teman, belajar itu tidak hanya di sekolah saja. Banyak yang masih perlu dipelajari. Jadi giat -giatlah belajar. mungkin tidak akan terasa manfaatnya saat itu juga, tunggu saja hingga waktu yang menjawab. Artikel ini terinspirasi dari berbagai sumber dan diri saya sendiri.

Ketika kita keras terhadap diri kita maka kehidupan akan lunak terhadap kita, namun sebaliknya ketika kita lunak terhadap diri kita maka kehidupan akan keras terhadap kita (Ibu Rr. Ani Prihati Handayani)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Teks Moderator Seminar dan Workshop

Terima kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan waktu kepada saya. Saya disini sebagai moderator, akan memandu jalannya se...